Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

DomaiNesia

Guru Sampang Melek Teknologi !


sampang.igi.or.id – Sahabat guru,  berjumpa kembali dengan website Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Sampang yang berisi informasi kependidikan yang dikemas dengan bahasa mendidik untuk memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Amiin.

Kali ini, Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Sampang  akan menginformasikan kegiatan diklat pembuatan video pembelajaran berbasis android. Video memberi lebih dalam penyampaian pelajaran dikelas. visualisasi keadaan atau situasi begitu jelas dan mudah dicerna langsung karena memang kondisinya real. Lanjut baca ya !

Peningkatan kualitas guru tanggung jawab semua stakeholder pendidikan. Ikatan guru kabupaten Sampang ikut ambil bagian dalam rangka meningkatkan kompetensi guru yang ada di Kabupaten Sampang. Untuk itulah Ikatan guru Indonesia  Kabupaten Sampang bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Sampang menyelenggarakan workshop pembuatan Video pembelajaran berbasis Android mulai tanggal 15 sampai dengan 16 februari 2020 bertempat di aula Dinas Pendidikan kabupaten Sampang.
Peserta Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis ANDROID

Dengan pemateri bapak Aries eka Prasetya founder samisanov workshop ini menjadi ajang menggali kreativitas guru-guru kabupaten Sampang.

Metode pembelajaran yang efektif kreatif menjadikan guru2 antusiasmme menyimak semua penjelasan dari pemateri. Workshop ini tidak hanya sekedar memberikan teori saja namun praktek juga dilakukan untuk membuat video pembelajaran berbasis Android.

Tahapan demi tahapan proses pembuatan video pembelajaran diikuti oleh semua peserta. Ada yang masih bingung namun banyak yang berhasil membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster.

Hari pertama dari rundown acara mengupas tuntas teori dasar pembuatan video pembelajaran berbasis Android. Mulai dari skenario pembuatan video, teknik pengambilan gambar video dengan green screen. Panitia juga menyediakan layar hijau sebagai syarat melakukan pengambilan gambar green screen. 

Peserta bersemangat dalam proses pengambilan gambar green screen. Layaknya seorang wartawan ataupun artis, peserta workshop tidak canggung dan malu untuk melakukan pengambilan gambar dibantu teman sesama peserta secara bergantian. 

Tujuan utama workshop ini guru semakin kreatif dan inovatif membuat media pembelajaran. Hal ini Selaras dengan pernyataan yang disampaikan Kepala  Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh pengawas pembina SMA/ SMK  bahwa guru harus  mengambil peran untuk ikut serta meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Sampang.

Menginjak hari kedua workshop ini memasuki tahapan praktek pembuatan video pembelajaran. Latihan editing dipandu langsung bapak Aries Eka Prasetya dibantu dengan tim pendamping yang dibentuk oleh Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Sampang untuk mempermudah dalam proses pembuatan video pembelajaran.

Motivasi yang besar dari peserta membuat workshop makin meriah. Banyak peserta yang menyelesaikan pembuatan video pembelajaran dengan cepat karena bahan sudah dipersiapkan sebelum datang ke lokasi workshop. Kejutan-kejutan yang diselipkan oleh Pak Aries di sela-sela praktek membuat peserta workshop makin tertantang untuk menyelesaikan video pembelajaran yang menjadi syarat bagi mereka untuk memperoleh sertifikat. Tak sedikit dari peserta mengambil ulang gambar video green screen karena merasa belum puas dengan pengambilan gambar sebelumnya. Edit lagi. Itulah pekerjaan peserta workshop di hari kedua. Dan tahap penyelesaian dilakukan dengan export video dalam bentuk MP4 kemudian di upload ke YouTube untuk sharing dan bisa dilihat semua orang agar bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas.

Ada tambahan materi yang diberikan oleh Pak Aris kepada peserta berupa pemanfaatan aplikasi speechnote untuk membuat artikel secara cepat dengan mengubah suara menjadi tulisan. Aplikasi ini sangat membantu guru dalam membuat tulisan dan Pak Aris mempraktekkannya langsung sehingga guru bisa langsung juga mengikuti dan bisa membuat artikel dengan cepat.

Di akhir acara kegiatan ditutup oleh ketua ikatan guru indonesia kabupaten Sampang bapak Fadlun Duifa. Bapak Fadlun berpesan agar workshop ini tidak boleh berhenti sampai peserta menyelesaikan tugas pembuatan video pembelajaran saja. Namun dikembangkan di sekolah masing-masing sehingga video pembelajaran berbasis Android yang dibuat makin sempurna dan kreatif. Sesi foto bersama pemateri menjadi Puncak kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran berbasis Android bersama pemateri bapak Aris Eka Prasetya. Semua peserta pulang dengan membawa ilmu. sertifikat dan pengalaman pembuatan video pembelajaran berbasis Android. 

Atas nama Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Sampang mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara workshop  pembuatan video pembelajaran berbasis Android selama 2 hari dan dilanjutkan dengan kegiatan on untuk menyempurnakan atau memberikan bimbingan kepada peserta yang belum bisa menyelesaikan videonya. 
Bimbingan ini dilakukan secara online oleh pak Aries di grup whatsApp peserta diklat selama 4 hari dan berakhir pada tanggal 20 Februari 2020. 
Sampai jumpa di kegiatan workshop selanjutnya.

Post a Comment for "Guru Sampang Melek Teknologi !"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email