Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

OPTIMALISASI RUANG KELAS MENJADI RUANG MULTIMEDIA SEDERHANA DI SMPN 2 JRENGIK

 Oleh : Yoyon Sugiyono, S.Pd.,Gr.


Situasi jumlah siswa pasca adanya wabah virus corona di sekolah kami tambah turun dari sekitar 150 siswa menjadi 70 Siswa. Dari yang awalnya 6 rombel menjadi 3 rombel. Jika melihat dari situasi dan kondisi tersebut terdapat prasarana yang tidak berfungsi sebanyak 3 ruang kelas, memiliki 2 proyektor, 21 tablet dan 10 PC Mini yang masih bisa nyala dengan baik. Melihat kondisi tersebut, prasarana yang ada banyak yang tidak dimanfaatkan sehingga muncullah sebuah ide bagaimana cara untuk mengoptimalkan ruang kelas menjadi ruang multimedia sederhana. Ide ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga dengan harapan dapat terciptanya kebahagiaan kepada siswa (student wellbeing). Ide ini disetujui oleh kepala sekolah dan didukung oleh Ibu dan Bapak guru yang lain.


Untuk mewujudkan ide tersebut, kami melakukan beberapa hal berikut:

1) Melakukan survei untuk mengetahui kebutuhan perangkat multimedia yang diperlukan.

2) Menganalisis aset yang dimiliki sekolah. 

3) Melakukan penataan ruang kelas yang dilengkapi dengan multimedia (aset yang ada). 

4) Menganggarkan aset yang dibutuhkan namun belum ada di sekolah. 

5) Menyelenggarakan pelatihan penggunaan perangkat multimedia bagi guru.


Setelah dilakukannya optimalisasi ruang kelas menjadi ruang multimedia sederhana, pembelajaran di SMPN 2 Jrengik menjadi lebih menarik dan interaktif. Perangkat multimedia dapat digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan pembelajaran, seperti presentasi, pembelajaran berbasis video, dan pembelajaran berbasis simulasi. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat multimedia dapat membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, optimalisasi ruang kelas menjadi ruang multimedia sederhana juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.


Optimalisasi ruang kelas menjadi ruang multimedia sederhana di SMPN 2 Jrengik telah berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Hasil belajar siswa di sekolah tersebut mengalami peningkatan. Selain itu, optimalisasi ruang kelas juga telah meningkatkan kepuasan siswa dan orang tua terhadap proses pembelajaran di sekolah. Siswa dan orang tua merasa bahwa pembelajaran di sekolah menjadi lebih menarik dan bermakna.


Ke depan, SMPN 2 Jrengik akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat multimedia. Sekolah juga akan terus meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan perangkat multimedia.



Nama : Yoyon Sugiyono, S.Pd., Gr.

Unit Kerja : SMPN 2 Jrengik

Kabupaten : Sampang

Provinsi : Jawa Timur

Email : yoyonsugiyono55@guru.smp.bel

ajar.id


*Tulisan ini adalah hasil karya peserta webinar MENULIS ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN yang diselenggarakan oleh IGI Sampang


Post a Comment for "OPTIMALISASI RUANG KELAS MENJADI RUANG MULTIMEDIA SEDERHANA DI SMPN 2 JRENGIK"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi